Kamis, 26 Oktober 2017

Sistem Keamanan pada Operasi IOS Apple

Neverblock.me - VPN Gratis Indonesia - Sahabat Privasi Keamanan Internet... kamu mungkin tahu sistem keamanan yang terpakai pada IOS Apple yang kamu gunakan? Atau kamu belum begitu tahu tentang IOS Apple, apalagi dengan harganya yang masih cukup selangit?

Nah, disini saya tidak membahas mengenai masalah harga dari IOS itu sendiri, namun bagaimana sistem keamanan dari operasi IOS tersebut dan bagaimana pencegahannya.

Pada dasarnya, sistem keamanan jaringan yang dimiliki oleh IOS menggunakan izin berbasis kontrol akses dengan berbagai macam pengimplementasiannya.

Pada sistem keamanan aplikasi IOS, untuk mendapatkan izin mengakses basis kontrol maka kamu harus juga menginstal aplikasinya terlebih dahulu. Jika kamu menolak maka tentu sistem tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Di samping itu, IOS juga memiliki fitur geolocation dan auto erase. Dimana masing-masing fitur dapat dijelaskan sebagai berikut:

Fitur geolocation pada IOS dapat memberitahukan kepada kamu untuk mencari perangkat yang hilang karena dengan fitur ini dapat mendeteksi keberadaan aplikasi kamu tersebut.

Sistem Keamanan pada Operasi IOS Apple (Credit Image: neverblock.me)

Sementara untuk fitur auto erase maka kamu dapat menghapus data ponsel yang dicuri oleh orang lain. Dengan fitur ini maka kamu dapat mencegah seseorang untuk mengakses data yang tersimpan di IOS.

Salah satu solusi untuk mengamankan data dan/atau file pada sistem operasi IOS perlu digunakan sebuah aplikasi tambahan, yaitu VPN atau Virtual Private Network.

Selain itu, auto erase juga mampu melakukan 'penghancuran diri' terhadap data jika nomor pin yang dimasukkan ke dalam sistem telah mengalami kesalahan sampai dengan 10 kali.

Mengenai masalah keamanan -sesuai dengan pandangan masyarakat saat ini-, IOS memang memiliki sistem operasi yang lebih canggih bila dibandingkan dengan android dan sejenisnya. Apalagi Apple telah membatasi fungsi-fungsi ponsel yang bisa diakses oleh aplikasi, belum lagi juga penyaringan aplikasi-aplikasi yang masuk ke dalam app store harus melalui sistem yang sangat ketat.

Pernyataan tersebut memang sering kita dengar mengenai sistem keamanan dari IOS, namun menurut dua perusahaan keamanan mobile, yaitu Checkmarx dan AppSec Labs bahwa hal tersebut tidaklah benar sebab 40% celah keamanan yang ada di aplikasi IOS termasuk yang paling berbahaya. Dalam laporannya, dua perusahaan keamanan mobile tersebut juga menyebutkan bahwa rata-rata aplikasi mobile memiliki 9 celah keamanan dan untuk aplikasi IOS sendiri ternyata memiliki celah keamanan yang lebih banyak dibandingkan dengan android.

Namun yang sangat disayangkan, kedua perusahan tersebut tidak mau menyebutkan jumlah celah tersebut untuk sistem operasi IOS. Namun setidaknya dapat diambil sebuah kesimpulan jika hampir kebanyakan celah keamanan itu terdapat pada pembocoran informasi pribadi sebesar 27% dan dibawahnya sekitar 23% merupakan otentifikasi ID dan masalah otorisasi. Sementara sisa dari kelemahan-kelemahan sistem keamanan lainnya adalah kriptografi, informasi teknis, dan lain sebagainya.

Baca Juga:
Ini Lho Cara Transaksi yang Aman di Internet

Kelemahan Sistem Keamanan Jaringan

Semua sistem operasi yang ada di dunia ini tentunya tidak sempurna. Sebaik apapun keamanan yang diciptakan maka pasti ada juga celah kelemahan yang bisa masuk kapan saja oleh orang-orang yang usil atau tak bertanggung jawab, termasuk juga dengan sistem keamanan pada operasi IOS Apple.

Pada era sebelum IOS 4.3.5., Operasi IOS ternyata memiliki kelemahan pada sistem keamanan jaringannya, yaitu keamanan SSL MTM. Dari kelemahan inilah maka banyak hacker yang telah mengambil berbagai celah untuk menanam jutaan device ke aplikasi Apple sehingga tidak dapat melakukan upgrade ke IOS 4.3.5. Dan hal ini pun diakui jika penyebab utamanya adalah masih terdapat cacat sistem keamanan yang ada di ponsel ini.

Apa yang Harus Dilakukan?

Untuk operasi IOS dari Apple yang memiliki sistem keamanan yang terbilang baik belum tentu aman dari serangan para hacker. Oleh sebab itu, diperlukan tindakan dari pengguna untuk selalu menjaga privasi data maupun file yang terdapat di dalamnya.

Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menghindari terjadinya pencurian data atau juga menutupi kekurangan pada sistem operasi IOS Apple, yaitu:

  1. Mengubah password kamu dengan gabungan kata kunci yang unik dan tidak bisa ditebak oleh orang lain. Sebaiknya gunakan perpaduan antara huruf, angka, dan simbol.
  2. Mengunduh aplikasi dari sumber yang valid dan terpercaya.
  3. Matikan koneksi internet (wifi) jika memang sudah tidak digunakan.
  4. Sebaiknya menghindari akses data pribadi ketika mau menggunakan jaringan wifi di tempat umum, seperti di cafe, mall, dan lain sebagainya.
  5. Instal Security Software untuk dapat menghindari pencurian data. Kamu bisa juga menggunakan aplikasi VPN (virtual private network) untuk keamanan operasi IOS kamu. Untuk aplikasi VPN terbaik yang menurut saya memang bagus, sebaiknya gunakan vpn yang memiliki kestabilan keamanan paling kuat, salah satunya klik disini.
  6. Update selalu IOS kamu ke versi yang terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar